بسم الله الرحمن الر حيم

إن الحمد لله نحمده تعالى ونستعينه ونستغفره ، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا ، من يهديه الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له ، واشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، واشهد أن محمد عبده ورسوله
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون} سورة: آل عمرانالآية: 102

 
 OLEH:AL FADHIL USTAZ MUHAMAD NAJIB SANURI

Sabda Nabi SAW "Jika kamu semua melihat Panji-panji Hitam datang dari arah Khurasan, maka sambutlah ia walaupun kamu terpaksa merangkak di atas salji. Sesungguhnya di tengah-tengah panji-panji itu ada Khalifah Allah yang mendapat petunjuk ". Maksudnya ialah al-Mahdi. (Ibn Majah, Abu Nuaim & Al-Hakim)
Nama wilayah ini selama kekhalifahan pada 750 CE. Khurasan adalah bagian dari Persia (dalam kekuningan ). Di sebelah timur adalah Hind (Sind), yang terhubung budaya sebagian besar dengan India (Hindustan).
Nama “Khorasan” berasal dari Persia Tengah khor (berarti “matahari”) dan asan (atau ayan secara harfiah berarti “datang” atau “datang” atau “akan datang”), maka berarti “tanah di mana matahari terbit”.
Hadits Rasullah SAW mengenai pemuda ini diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW, sambil memegang tangan Saidina Ali RA, beliau bersabda : “Akan keluar dari sulbi ini seorang pemuda yang memenuhi bumi ini dengan keadilan. Maka apabila kamu menyakini demikian itu hendaklah bersama Pemuda Bani Tamim itu. Sesungguhnya dia datang dari sebelah Timur dan dialah pemegang panji-panji Al Mahdi.” (Hadis riwayat At Tabrani). 


Adakah di Malaysia..berdasarkn geografi bumi malaysia ditengah2 antara benua2 seperti tulang sulbi manusia dn tanah islam paling timur...


Ciri-ciri dan Sifat Imam Mahdi

Sejak 128 Hijrah, Harits bin Suraij mendakwa dirinya Imam Mahdi, dan dakwaan-demi dakwaan dilakukan sehingga kini oleh individu mahu pun kumpulan-kumpulan tertentu. Termasuk jugalah demi memartabatkan diri dan kumpulannya sebagai jemaah milik Imam Mahdi, ada pihak yang sanggup membuat hadis palsu, mengubah makna terjemahan hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.

Sebagai contoh, pada tahun 1992, Asaari Mohamad dan jemaahnya Al Arqam telah meredhakan dan menghalalkan sebuah hadis palsu yang buat oleh menantu Asaari Mohamad sendiri bernama Latifah Abdul Kahar. Hadis palsu berkenaan adalah didakwa terkandung dalam kitab Jamius Saghir oleh Imam Al Suyuthi.

Berikut adalah hadis palsu tersebut yang direka dan menggunakan nama Imam al-Suyuti untuk mengelabui mata orang lain:

Dari Syaidina Ali: Pemuda bani Tamim itu:
a. berketurunan Arab, kabilah Quraisy dari bani Tamim tetapi Arabnya telah tipis sebab bercampur dengan orang Ajam,
b. badannya tidak tinggi dan tidak rendah
c. susuk tubuhnya tidak kurus dan tidak pula gemuk.
d. Janggutnya jarang, ciri-ciri bangsa Arab sudah tidak pekat lagi.
e. Ciri-ciri pengikutnya: wanita bagai gagak-gagak hitam, lelaki berserban dan berjubah hijau.
f. Jika berjalan, kumpulan ini menutup bumi dan menggerunkan hati memandang.
g. Panji-panji hitam yang dibawanya berkibar dari Khurasan. Bendera itu akan diserahkan kepada Imam Mahdi.
h. Dia dikatakan al-Mansur (pembantu).
i. Dia membentuk sebuah jemaah yang dipimpinnya sendiri dan mempunyai pengikut yang agak ramai.
j. Giginya macam kapak (sulah).

Setelah kajian dibuat ternyata hadis berkenaan adalah hadis palsu yang dicipta oleh Latifah Abdul Kahar. Kononnya hadis berkenaan dari Imam Al Suyuthi dari kitabnya Jamius Saghir. Pihak Asaari Mohamad sendiri gagal mendatangkan sanad dan lafaz hadis berkenaan. Berdasarkan hadis palsu inilah Asaari Mohamad menjadikan dasar perjuangannya dan mendakwa dirinya Pemuda Bani Tamim yang dijanjikan.

Dari masa ke semasa, pasti akan ada pihak atau pun individu yang mendakwa dirinya Imam Mahdi.

Persoalan yang timbul, sejauh mana diharuskan membuat dakwaan si fulan si fulan itu adalah Imam Mahdi ?

Dari kitab Lajnah ad Daimah Li al Buhuts al Ilmiyah wa al Ifta’ didalam fatwanya no 2844 menyebutkan :

“Hadis-hadis yang menyebutkan tentang kemunculan al Mahdi amatlah banyak yang berasal dari berbagai jalan dan telah diriwayatkan oleh para imam hadis. Kelompok ahli ilmu telah menyebutkan bahwa hadis-hadis itu mutawatir secara maknawi, diantara mereka adalah Abul Hasan al Aajiri, al Alamah as Safarini didalam bukunya “Lawami’ al Anwar al Bahiyah” dan al ‘Alamah asy Syaukani didalam risalahnya yang dinamakan “at Taudhih fii Tawaatur Ahadis al Mahdiy wa ad Dajal wa al Masih” serta berbagai ciri-ciri yang telah masyhur disebutkan diberbagai hadis diantaranya,”Bahawa (dia) akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran setelah (bumi) dipenuhi oleh kezaliman dan kesemena-menaan.”.

Tidak diperbolehkan bagi seorang pun yang meyakini bahwa fulan bin fulan adalah al Mahdi hingga telah terkumpulnya berbagai ciri-cirinya seperti yang telah dijelaskan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Aalihi Wa Sallam, didalam berbagai hadis shahih dan yang paling penting adalah,” (dia) akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran…” (al Hadis)”—(Lajnah ad Daimah Jilid 4 mukasurat 355)

Imam Mahdi adalah persoalan aqidah yang furu' (ranting). Wajib meyakini kezahirannya tetapi masih boleh ditakwilkan siapakah orangnya. Dalam erti kata lain, jika seseorang itu menepati segala ciri-ciri yang disebut dalam hadis baginda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam, khususnya dalam memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, maka tidak menjadi kesalahan. Syaratnya .... WAJIB menepati apa yang disebut oleh hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.

Justeru itu apakah sifat atau ciri-ciri yang terdapat pada Imam Mahdi sebagai panduan kita agar kita tidak dieksploitasi oleh orang-orang yang bertopengkan agama ?

Bagi menjelaskan siapakah sebenarnya Imam Mahdi, marilah kita merujuk kepada kitab-kitab para ulama Islam yang mu’tabar dan diakui kesahihannya. Di antara kitab-kitab tersebut ialah Al-Hawi Lii Fatawa karangan Imam As-Suyuti, Mukhtasar Fil Mahdi Al-Muntadzar dan As-Sawaiqul Mukhriqat karangan Ibnu Hajjar Al-Haitami, At-Tawadhihu Fil Tawaturi Ma Jaa Fil Muntadziri Waddajal Wal Masihi karangan Al-Allamah As­Syaukani, Ibrazul Wahmil Maknun Min Kalam Ibni Khaldun karangan Al-Muhaddits Sayid Ahmad Siddiq Al-Ghumari dan banyak lagi kitab-kitab lainnya yang menerangkan secara jelas tanda-tanda dan sifat-sifat Al-Mahdi sebagaimana yang disebutkan oleh hadis-hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.

1. Nasab Imam Mahdi :

Dari 40 hadis yang telah dipaparkan dalam penulisan yang lepas, jelas dan nyata nasab keturunan Imam Mahdi Al Muntazar adalah keturunan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam dari jaluran Saiyidatina Fatimah binti Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.

Perkara ini banyak diperbincangkan oleh Imam Ibnu Hajar Al Haitami dalam kitabnya Al Qawl Al Mukhtasar fi Alamatil Mahdi Al Muntazar dan juga Imam As Suyuthi dalam kitabnya Al Hawi Lil Fatawi.

2. Nama Imam Mahdi :

Berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam. Nama Imam Mahdi sama dengan nama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam. Dan nama bapanya juga menyamai nama bapa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam. Erti kata lain, namanya adalah MUHAMMAD BIN ABDULLAH.

Ibnu Katsir rahimahullahu dalam kitabnya bertajuk An Nihayah Fil Malahim Wal Fitan Jilid 1 Mukasurat 17) mengatakan: “Dia adalah Muhammad bin Abdillah Al-‘Alawi (keturunan Ali) Al-Fathimi (keturunan Fathimah) Al-Hasani (keturunan Al-Hasan). Allah Subhanahu wa Ta’ala memperbaikinya dalam satu malam yakni memberinya taubat, taufik, memberinya pemahaman serta bimbingan padahal sebelumnya tidak seperti itu.”
3. Rupa fizikal Imam Mahdi :

Dari 40 hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam yang penulis paparkan terdahulu, berpandukan dua buah kitab Al Hawi Lil Fatawi oleh Imam As Suyuthi dan kitab Al Qawl Al Mukhtasar Fi Alamat Al Mahdi Al Muntazar oleh Imam Ibnu Hajar al Haitami, rupa fizikal Imam Mahdi adalah seperti berikut :

a. Kulit dan bentuk tubuh seperti orang Arab.
b. Di pipi kanannya ada tahi lalat.
c. Giginya berjarak.
d. Dahinya lebar.
e. Hidungnya mancung.
f. Ada tanda kenabian yang tersembul keluar, sebesar telur burung merpati, berwarna hitam dan jelas, ditengah-tengah antara dua belikatnya.
g. Usianya 40 tahun.
h. Kulitnya kemerah-merahan seolah-olah keturunan Bani Israel.
i. Wajahnya bagaikan bintang yang bergemerlapan.

(Berdasarkan hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim, Abu Daud dan Al Hakim)

“Kulit Al Mahdi adalah seperti kulit orang arab, bentuk tubuhnya seperti bentuk tubuh orang Bani Israil, pipi kanannya terdapat tahi lalat dan kekhalifahannya diredhai oleh penduduk bumi, penduduk langit dan burung-burung di angkasa”. (Abu Nuaim & At Tabrani)

“Sungguh Allah akan melahirkan seorang lelaki dari keturunanku, yang (antara sifat utamanya ialah) giginya mempunyai jarak, dahinya lebar, keadilannya sangat meliputi seluruh alam ….” (Abu Nuaim)

“Al Mahdi adalah dari keturunanku, dahinya luas, hidungnya mancung. Dia memenuhkan bumi ini dengan keadilan…..(Abu Daud & Al Hakim)

j. Keningnya nipis dan terpisah antara duanya.
k. Matanya besar (bulat).
l. Matanya bercelak.
m. Pehanya renggang.
n. Beliau seorang yang sukar untuk berkata-kata, dan apabila ingin berkata-kata beliau akan menepuk peha kirinya dengan tangan kanan.
o. Dia membawa keadilan, kemakmuran dan kesaksamaan.
p. Wajahnya tampan bagai bintang bersinar.

Begitulah antara sifat-sifat yang disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.

Andainya seseorang mengaku dan mendakwa dirinya Imam Mahdi, maka bandingkanlah apa yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam. Andainya selaras dan selari dengan hadis baginda Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam maka tidak mustahil bahawa dia adalah Imam Mahdi.

TETAPI

Andainya bersalahan dan bertentangan dengan apa yang disebut di dalam hadis, maka janganlah kita tergolong dalam golongan ahli bidaah yang cuba melahirkan "Imam Mahdi" versi kemahuan sendiri. Kerana sesungguhnya setiap yang bertentangan dan berlawanan dengan hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam tidak menjaminkan sebarang kebenaran.

ALLAH SWT berfirman :

قَالَ لَهُم مُّوسَى وَيْلَكُمْ لا تَفْتَرُوا عَلَى اللَّهِ كَذِبًا فَيُسْحِتَكُمْ بِعَذَابٍ وَقَدْ خَابَ مَنِ افْتَرَى

“Musa berkata kepada mereka, “Celakalah kalian, janganlah kalian mengada-adakan kedustaan atas nama Allah, karena Dia akan membinasakan kalian dengan siksa”. Dan sesungguhnya telah merugi orang yang mengada-adakan kedustaan.” (Surah Taha: 61)

وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ تَرَى الَّذِينَ كَذَبُواْ عَلَى اللَّهِ وُجُوهُهُم مُّسْوَدَّةٌ
“Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta atas nama Allah, wajah-wajah mereka menjadi hitam.” (Surah Az-Zumar: 60)

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

“Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya di neraka.” (HR. Al-Bukhari no. 107 dan Muslim no. 3)


Al-Mughirah radhiallahu anhu berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta atas nama orang lain. Karena barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari neraka.” (HR. Al-Bukhari no. 1209 dan Muslim no. 4)

Semoga kita direzekikan ALLAH SWT untuk bertemu dengan Imam Mahdi Al Muntazar yang diisyaratkan dalam hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wassallam.